Type Data

Dalam VBA, terdapat beberapa jenis tipe data yang dapat digunakan untuk menyimpan nilai atau informasi dalam program.

Tipe data digunakan untuk mengidentifikasi jenis nilai yang akan disimpan, sehingga program dapat memproses dan memanipulasi data dengan benar.

Berikut adalah penjelasan tentang semua tipe data yang tersedia di VBA:

Di dalam VBA, terdapat dua jenis tipe data utama, yaitu tipe data Primitif (primitive data type) dan tipe data Object.

Tipe Data Primitif

Tipe data primitif merupakan tipe data yang terdiri dari satu jenis data saja, dan tidak memiliki properti atau metode didalamnya. Tipe data primitif pada VBA meliputi:

Boolean

Tipe data ini digunakan untuk menyimpan nilai logika True atau False. Tidak ada batasan kapasitas yang signifikan untuk tipe data ini karena hanya ada dua nilai yang mungkin.

Byte

Tipe data ini digunakan untuk menyimpan bilangan bulat positif dalam rentang 0 hingga 255. Memiliki kapasitas 1 byte.

Integer

Tipe data ini digunakan untuk menyimpan bilangan bulat dalam rentang -32,768 hingga 32,767. Memiliki kapasitas 2 byte.

Long

Tipe data ini digunakan untuk menyimpan bilangan bulat dalam rentang -2,147,483,648 hingga 2,147,483,647. Memiliki kapasitas 4 byte.

Currency

Tipe data ini digunakan untuk menyimpan nilai mata uang dengan presisi empat angka desimal. Memiliki kapasitas 8 byte.

Single

Tipe data ini digunakan untuk menyimpan bilangan pecahan dengan presisi tunggal (32 bit). Memiliki kapasitas 4 byte.

Double

Tipe data ini digunakan untuk menyimpan bilangan pecahan dengan presisi ganda (64 bit). Memiliki kapasitas 8 byte.

Date

Tipe data ini digunakan untuk menyimpan tanggal dan waktu. Memiliki kapasitas 8 byte.

String

Tipe data ini digunakan untuk menyimpan teks atau rangkaian karakter. Kapasitasnya tergantung pada panjang string yang disimpan, dan terbatas hingga sekitar 2 miliar karakter.

Tipe Data Object

Tipe data object merupakan tipe data yang terdiri dari objek-objek yang dapat diberi properti dan metode. Tipe data object pada VBA meliputi:

  • Object: tipe data ini digunakan untuk menyimpan objek yang dapat memiliki properti dan metode sendiri.
  • Variant: tipe data ini dapat menyimpan nilai dari tipe data apapun, termasuk tipe data primitif dan tipe data object.
  • Array: tipe data ini digunakan untuk menyimpan kumpulan nilai dari tipe data apapun.
  • User-defined type: tipe data ini digunakan untuk mendefinisikan tipe data baru yang terdiri dari beberapa jenis data yang berbeda.

Tipe data primitif biasanya digunakan untuk menyimpan nilai sederhana seperti bilangan bulat, bilangan pecahan, dan nilai boolean.

Sementara itu, tipe data object biasanya digunakan untuk menyimpan objek-objek yang lebih kompleks seperti dokumen, worksheet, atau form.

Namun, tipe data object juga dapat digunakan untuk menyimpan nilai teks, angka, dan tanggal dalam bentuk objek string, objek date, atau objek variant.

Cara Menentukan Typedata

Dari sekian banyaknya type data di VBA, seperti yang sudah dibahas diatas tentu bagi sebagian pemula akan bingung harus menggunakan yang mana dan kapan menggunakannya.

Mungkin sebagian sudah ada yang cukup jelas, seperti STRING untuk Isian Text dan DATE untuk isian tanggal, sedangkan BOOLEAN untuk isian TRUE atau FALSE. Lalu bagaimana sisanya?

Yang agak sulit bisanya untuk menentukan typedata Number, karena pilihannya ada banyak (Byte, Integer, Long, Single dan Double)

Disini untuk memudahkan saya akan kelompokan menjadi 2 saja yang pertama untuk Bilangan Bulat dan kedua untuk bilangan pecahan.

Bilangan Bulat

Jika ingin menyimpan data bilangan bulat pada Variable, bilangan bulat ada 3 pilihan, yaitu Byte, Integer dan Long.

Untuk Byte Nilai yang bisa ditampung atau disimpan adalah dari angka 0 sampai dengan 255

Itu artinya jika dibuat seperti ini

Dim x As Byte
x = 5

Kita membuat variable x bertype Byte dimana X ini hanya bisa diisi dengan nilai dari 0 sampai 255, ketika X diisi dengan 5, maka ini akan berjalan normal karena masih dalam rentangnya.

Tetapi jika

Dim x As Byte
x = 10000

Maka akan mengalami Error “Over flow” karena sudah melebihi tampungan dari nilai Byte

Prinsipnya sama untuk Long dan Integer, hanya rentangnya saja yang berbeda. Jika Integer dari -32,768 hingga 32,767, sedangkan untuk Long dari -2,147,483,648 hingga 2,147,483,647.

Bilangan Pecahan

Untuk bilangan pecahan bisa menggunakan Single tau Double. Cara menentukannya berbeda dengan Bilangan bulat diatas, bukan berdasarkan rentang tetapi jumlah digit.

Single untuk bilangan pecahan presisi hingga 7 digit sedangkan Duble presisi hingga 15 digit

Misalnya

Dim x As Single
Dim Y As Double

x = 22 / 7
Y = 22 / 7

maka X akan berisi nilai 3.142857 sedangkan Y akan berisi nilai 3.14285714285714

Pengisian Type Data

Proses pengisian type data ditentukan oleh jenis typedatanya, dibedakan dengan jenisnya ada untuk Primitif dan ada untuk object.

Let

Kata kunci Let digunakan untuk menetapkan nilai untuk variabel dalam VBA untuk type data Primitif. Tetapi secara default, VBA akan menggunakan kata kunci Let saat menetapkan nilai ke variabel jika kita tidak menuliskan kata kunci apapun. Contoh penggunaan Let:

Dim x As Integer
x = 5

Pada contoh di atas, nilai 5 ditetapkan ke variabel x dengan menggunakan kata kunci Let secara otomatis. atau bisa juga ditulis dalam bentuk seperti ini, dan ini sama saja.

Dim x As Integer
Let x = 5

Set

Kata kunci Set digunakan untuk menetapkan nilai ke properti atau objek dalam VBA. Set digunakan saat kita ingin menetapkan nilai ke objek yang diidentifikasi dengan sebuah variabel objek. Contoh penggunaan Set:

Dim rng As Range
Set rng = Worksheets("Sheet1").Range("A1")

Pada contoh di atas, variabel rng diidentifikasi sebagai objek Range dan ditetapkan untuk mengacu pada sel A1 di worksheet bernama Sheet1 dengan menggunakan kata kunci Set.

Perlu diperhatikan bahwa Let dan Set memiliki perbedaan dalam cara mereka mengelola memori pada VBA. Kata kunci Let hanya menetapkan nilai untuk variabel, sedangkan kata kunci Set menetapkan objek secara langsung ke variabel objek.

Ini berarti, saat menggunakan kata kunci Set, VBA akan menciptakan sebuah referensi ke objek di memori dimana properti dan method nya juga akan diikutsertakan, sementara kata kunci Let hanya akan menetapkan nilai saja ke variabel.

List Tutorial
Apa yang sedang kamu cari?

Temukan beberapa kata kunci yang diinginkan.

Search