Input Box

InputBox pada VBA adalah sebuah fungsi yang digunakan untuk menampilkan dialog box yang meminta pengguna untuk memasukkan nilai input.

InputBox umumnya digunakan dalam aplikasi VBA untuk meminta masukan dari pengguna, seperti nama, umur, atau nomor telepon.

Sintaks dari InputBox adalah sebagai berikut:

InputBox(prompt, [title], [default], [xpos], [ypos])
  • prompt (wajib) : Pesan yang akan ditampilkan di dalam dialog box untuk meminta input dari pengguna.
  • title (opsional) : Judul dari dialog box. Jika tidak diberikan, maka judul default “Microsoft Excel” akan ditampilkan.
  • default (opsional) : Nilai default yang akan ditampilkan di dalam kotak input. Jika tidak diberikan, maka kotak input akan kosong.
  • xpos dan ypos (opsional) : Posisi dialog box pada layar. Jika tidak diberikan, maka dialog box akan muncul di tengah layar.

Contoh penggunaan InputBox pada VBA:

Sub InputBoxExample()
    Dim nama As String
    nama = InputBox("Masukkan nama Anda:")
    MsgBox "Halo, " & nama & "!"
End Sub

Dalam contoh di atas, kita menggunakan InputBox untuk meminta pengguna untuk memasukkan nama mereka. Nilai input kemudian disimpan dalam variabel “nama”.

Setelah itu, kita menggunakan MsgBox untuk menampilkan pesan sapaan yang mengandung nama yang dimasukkan pengguna.

InputBox juga dapat digunakan untuk meminta input dalam bentuk angka. Dalam contoh berikut, kita menggunakan InputBox untuk meminta pengguna memasukkan angka, dan kemudian menghitung kuadrat dari angka tersebut:

Sub InputBoxNumberExample()
    Dim angka As Double
    angka = InputBox("Masukkan angka:")
    MsgBox "Kuadrat dari " & angka & " adalah " & angka ^ 2
End Sub

Dalam contoh di atas, kita menggunakan InputBox untuk meminta pengguna untuk memasukkan angka. Nilai input kemudian disimpan dalam variabel “angka”. Setelah itu, kita menggunakan MsgBox untuk menampilkan hasil perhitungan kuadrat dari angka yang dimasukkan pengguna.

List Tutorial
Apa yang sedang kamu cari?

Temukan beberapa kata kunci yang diinginkan.

Search