Type Characters

Selain menentukan tipe data dalam pernyataan deklarasi yang sudah dipelajari pada materi sebelumnya, kamu juga bisa memaksa tipe data atau mendeklarasikan type data dengan karakter khusus yang disebut Type Characters.

Penggunaan Type Characters ini harus langsung ditulis mengikuti nama elemen atau variable tanpa ada karakter lain setelahnya.

Type Characters ini bukan bagian dari nama elemen atau nama variable. Nama variable yang didefinisikan dengan Type Characters masih bisa digunakan tanpa menyertakan Type Characters tersebut.

Identifier Type Characters

Visual Basic for Applications (VBA) menyediakan beberapa Type Characters yang bisa Anda gunakan dalam deklarasi untuk menentukan tipe data dari variabel atau konstanta.

Tabel berikut ini menunjukkan Identifier Type Characters yang tersedia dan juga beserta contoh penggunaannya.

Identifier type characterData typeContoh
%IntegerDim Nilai%
&LongDim Total&
@DecimalConst Diskon@ = 37.5
!SingleDim NilaiUAS!
#DoubleDim RataRata#
$StringDim Nama$

Tidak ada Identifier Type Characters untuk tipe data Boolean, Byte, Date atau untuk tipe data komposit seperti array atau Collection.

Contoh penggunaan pada VBA

Tidak hanya dalam deklarasi typedata, Identifier Type Characters juga bisa ditambahkan pada Fungsi VBA. Misalnya menambahkan karakter $ pada fungsi Visual Basic Left$, Mid$ atau Right$.

Menambahkan $ pada Fungsi Left akan mendapatkan nilai yang dikembalikan dengan tipe String.

Nama = "ID001-Andi"
Kode = Left$(Nama, 5)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *