Pengulangan : For Each Next

Untuk Materi pengulangan kedua, ada pengulangan For Each Next.

For Each next ini berbeda dengan pembahasan materi sebelumnya yaitu For Next

For Each Next adalah salah satu jenis perulangan yang digunakan untuk menjalankan sebuah blok kode pada setiap elemen dalam sebuah kumpulan data (Object Atau Collection).

Artinya pengulangan ini akan melakukan pengulangan kepada setiap item yang ada pada sebuah collection.

Dan akan berhenti jika semua item telah diakses.

For Each Next sangat berguna dalam membuat makro atau program VBA karena memungkinkan program untuk mengulang sebuah blok kode dengan mudah pada setiap elemen dalam kumpulan data, tanpa kita harus tahu index awal dan index akhir pada data tersebut.

Sintaks dasar dari For Each Next pada VBA adalah sebagai berikut:

For Each element In collection
    ' kode yang akan diulang
    [Exit For]
Next element

Di sini, element adalah variabel yang digunakan untuk menyimpan nilai setiap elemen dalam kumpulan data, dan collection adalah kumpulan data yang akan diulang.

Next element digunakan untuk menandai akhir dari blok kode yang diulang dan mengambil nilai elemen berikutnya dari kumpulan data.

Contoh penggunaan For Each Next pada VBA adalah sebagai berikut:

Sub ForEachNextExample()
    Dim myArray As Variant
    Dim element As Variant
    
    myArray = Array("apple", "banana", "cherry")
    
    For Each element In myArray
        MsgBox element
    Next element
End Sub

Dalam contoh ini, program akan menjalankan blok kode yang ditandai dengan pernyataan MsgBox element pada setiap elemen dalam array myArray.

Hasilnya adalah program akan menampilkan pesan dialog dengan nilai setiap elemen, yaitu “apple”, “banana”, dan “cherry”.

Selain itu, For Each Next pada VBA juga dapat digunakan untuk mengulang blok kode pada setiap elemen dalam kumpulan data yang berbeda, seperti range dalam worksheet atau objek dalam koleksi. Berikut ini adalah contoh penggunaan For Each Next pada VBA dengan range dalam worksheet:

Sub ForEachRangeExample()
    Dim myRange As Range
    Dim cell As Range
    
    Set myRange = Range("A1:A5")
    
    For Each cell In myRange
        MsgBox cell.Value
    Next cell
End Sub

Dalam contoh ini, program akan menjalankan blok kode yang ditandai dengan pernyataan MsgBox cell.Value pada setiap sel dalam range myRange.

Hasilnya adalah program akan menampilkan pesan dialog dengan nilai setiap sel dalam range, yaitu nilai di sel A1 hingga A5.

Sederhanya For Each Next pada VBA adalah salah satu jenis perulangan yang digunakan untuk menjalankan sebuah blok kode pada setiap elemen dalam sebuah kumpulan data.

Dalam bahasa sederhana misalnya dalam sebuah Kelas 1A memiliki banyak murid, dan kita ingin melakukan pengulangan kepada seluruh murid.

Maka gambarannya bisa dibuat seperti berikut ini

For Each Murid In Kelas1A
   msgbox Murid.nama
Next Murid 

List Tutorial
Apa yang sedang kamu cari?

Temukan beberapa kata kunci yang diinginkan.

Search