Komentar

Komentar adalah teks yang tidak akan dieksekusi oleh VBA sebagai bagian dari script.

Komentar biasanya digunakan sebagai dokumentasi atau catatan tambahan pada script yang sedang dijalankan, atau sebagai petunjuk keterangan pada script tersebut yang bisa membantu memahami logika atau alur dari script.

Dalam VBA, komentar diawali dengan apostrophe (') kemudian dilanjutkan dengan komentar atau bisa juga menggunakan fungsi REM dan dilanjutkan dengan komentar.

Contoh Apostrophe:

Sub FungsiMenghitung()
     'Ini adalah komentar
     'ini adalah Komentar 2
End Sub

Contoh REM:

Sub FungsiMenghitung()
     REM Ini adalah komentar
     REM ini adalah Komentar 2
End Sub

Pilih Apostrophe atau REM?

Kelebihan menggunakan Apostrophe (') dibandingkan REM adalah selain lebih simple, dengan apostrophe juga memungkinkan menulis komentar dan fungsi dalam satu baris yang sama. Dimana hal ini tidak bisa dilakukan dengan REM.

Contoh :

Sub FungsiMenghitung()
   Dim Rng as Range
   Set Rng = Range("A1:A10")  'Mengisi Rng dengan Range A1:A10
End Sub

Pada contoh diatas, komentar ditulis dalam satu baris dengan perintah Set.

Komentar dapat ditambahkan pada baris tersendiri atau di akhir baris perintah. Komentar dalam VBA dapat berisi apa saja, tetapi tetap harus diawali dengan tanda ‘ atau “Rem“.

Komentar tidak dapat diteruskan ke baris berikutnya. Jika ingin membuat komentar yang lebih panjang, gunakan beberapa baris komentar.

Dengan adanya komentar script akan mudah dimengerti ketika dibuka kembali pada waktu yang lama atau dibaca oleh pengembang lain

vba.co.id

kesimpulannya, komentar ini digunakan sebagai catatan atau tanda pada sebuah script, dan bagian ini tidak akan dijalankan oleh program.

Contoh penggunaan komentar

List Tutorial
Apa yang sedang kamu cari?

Temukan beberapa kata kunci yang diinginkan.

Search