Deklarasi Typedata

Prasyarat:


Pada materi sebelumnya kita sudah belajar jenis-jenis typedata yang ada pada Visual Basic for Applications (VBA). Diharapkan saat ini kamu sudah memahami dan bisa menentukan jenis data apa saja yang akan digunakan.

Pada materi kali ini, kita akan belajar bagaimana mendeklarasikan typedata atau menyiapkan typedata sebelum digunakan.

Ada 3 cara yang bisa dilakukan untuk mendeklarasikan typedata dalam VBA. Setiap cara tentu memiliki fungsi dan kegunannya masing-masing.

Dynamic Variable

Dim NamaVariable as TypeData

Cara pertama adalah dengan menggunakan DIM atau kepanjangan dari “Dimension”. Deklarasi ini yang akan banyak digunakan.

“Dim” digunakan dalam VBA untuk mendeklarasikan variabel. Ini memberi tahu VBA bahwa kita ingin menggunakan sebuah variabel dengan nama tertentu.

Saat mendeklarasikan variabel dengan “Dim”, kita juga harus memberikan tipe data pada variabel tersebut yang sudah dipelajari pada materi sebelumnya.

Misalnya:

Dim x As Integer
Dim Nama As String, Alamat As String

Typedata Sejenis

Cara mendeklarasikan typedata yang sejenis adalah dengan tetap menyebutkan typedatanya tidak bisa digabungkan dan jika dibiarkan kosong maka akan dianggap sebagai data variant.

Kurang tepat jika : Dim i,J,K as Integer

yang benar adalah : Dim i as Integer, J as Integer, K as Integer

Static Variable

Static NamaVariable as TypeData

Kata kunci “Static” digunakan untuk mendeklarasikan variabel dengan sifat statis. Variabel statis adalah variabel yang nilai dan statusnya tetap selama masa eksekusi program.

Artinya, nilai variabel tersebut akan tetap ada bahkan setelah keluar dari prosedur dan kembali dipanggil di waktu berikutnya.

Misalnya:

Sub Counter()
    Static count As Integer
    count = count + 1
    MsgBox count
End Sub

Pada contoh di atas, variabel count dideklarasikan sebagai tipe data Integer menggunakan kata kunci Static. Nilai variabel count akan tetap ada dan bertahan antara panggilan prosedur Counter.

Constants Variable

Const NamaVariable as TypeData = Nilai

Const digunakan untuk mendeklarasikan konstanta dalam VBA. Konstanta adalah variabel yang nilainya tetap dan tidak dapat diubah selama program berjalan. Setelah konstanta dideklarasikan, nilainya tidak dapat diubah selama eksekusi program.

Contoh penggunaan Const Misalnya

Const pi As Double = 3.14

Pada contoh di atas, konstanta pi dideklarasikan sebagai tipe data Double menggunakan kata kunci Const dan nilainya ditetapkan sebagai 3.14. Nilai konstanta pi tidak dapat diubah selama eksekusi program.

Penting untuk diingat bahwa konstanta dan variabel statis memiliki perbedaan utama. Konstanta memiliki nilai tetap yang tidak dapat diubah, sedangkan variabel statis mempertahankan nilainya di antara pemanggilan prosedur atau fungsi, tetapi nilai tersebut dapat berubah seiring waktu.

List Tutorial
Apa yang sedang kamu cari?

Temukan beberapa kata kunci yang diinginkan.

Search