Menentukan Worksheets

Prasyarat:


Sebelum memulai untuk menggunakan worksheet atau semua yang berada didalam worksheets, tahap pertama yang harus kamu kuasai adalah bisa menentukan Worksheet mana yang akan digunakan.

Seperti yang sudah dipelajari di materi sebelumnya dimana Worksheet ini adalah anak dari workbook. dan Worksheet memiliki banyak anak seperti Range, Cells, Font dan lain-lain.

Maka untuk bisa memanipulasi isi Range, Cells dan Font dll, terlebih dulu harus bisa menentukan Worksheet mana yang akan menjadi tujuan.

Ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk menentukan worksheet tujuan dengan menggunakan VBA.

Sheet Name, Code Name dan Index

Ada 3 cara yang bisa kamu gunakan untuk menentukan Worksheet mana yang akan digunakan nantinya oleh script. Bisa menggunakan Worksheet Name, Worksheet Code Name atau Worhsheet Index.

Ketiganya memiliki fungsi, kelebihan dan kekurangan masing-masing dan ketiganya bisa digunakan secara berbeda-beda dalam kondisi-kondisi tertentu.

Worksheet Excel

Worksheets Name

Cara pertama adalah dengan menggunakan Worksheet Name atau nama sheet yang sesuai tertera pada Tab Sheet. Seperti “Database”, “Report”, “Sheet3” dan “Sheet4”. Ini adalah nama-nama dari sheets.

Selain dilihat memalui Tab Sheet di Worksheet Excel, Sheets Name ini juga bisa dilihat langsung di Project Explorer yang ada di Visual Basic Editor (VBE)

Notasi script dari Worksheet Name adalah

Worksheets("Nama Sheet")...

Contoh misalnya

Sub Example()
Worksheets("Database").Range("A1").Value = "Hello, World"
End Sub

Nama “Database” adalah nama yang dilihat pada Tab Sheet, contoh lainnya misalnya jika ingin mengakses sheets Report maka ditulis Worksheets("Report")

Sebagai catatan, cara ini memiliki potensi Error ketika nama sheet diubah oleh pengguna maka script harus disesuaikan kembali dengan nama sheet yang sesuai.

Tetapi kelebihannya cara ini akan mudah ketika nama sheet menggunakan variable.

Worksheets Index

Cara kedua adalah dengan menggunakan Worksheets Index, Sheet index adalah Nomor urutan dari kiri yang terlihat pada Tab Sheets. Jika dilihat pada gambar diatas, maka Database adalah urutan ke 1, Report urutan ke 2, Sheet3 urutan ke 3 dan seterusnya.

Notasi dari Worksheet Index adalah sebagai berikut :

Worksheets(Index)...

Contoh misalnya

Sub Example()
Worksheets(1).Range("A1").Value = "Hello, World"
End Sub

Index 1 adalah worksheet “Database” sesuai urutan yang dilihat pada Tab Sheet, contoh lainnya misalnya jika ingin mengakses sheets Report maka ditulis Worksheets(2)

Cara ini bisa menjadi solusi dari kekurangan cara pertama, walaupun Nama Sheet diubah, tujuan sheet akan tetap dan tidak akan terjadi Error.

Tetapi cara ini juga memiliki potensi Error dimana ketika urutan Sheet diubah oleh pengguna, maka Index Sheet juga akan berubah.

Kelebihannya Sheet Index akan sangat mudah digunakan ketika menggunakan urutan atau Looping.

Jika urutan mengalami perubahan, maka sekarang Index 1 adalah Report, Index ke 2 adalah Sheet3 dan seterusnya. Sehingga hal ini bisa menjadi kesalahan tujuan.

Worksheets Code Name

Cara ketiga adalah menggunakan Worksheets Code Name, ini adalah cara ter-aman dalam menentukan worksheet karena memilki resiko paling kecil jika dibandingkan kedua cara diatas.

Notasi script dari Worksheet Code Name adalah

SheetCodeName.

Contoh misalnya :

Sub Example()
Sheet1.Range("A1").Value = "Hello, World"
End Sub

Untuk menentukan Worksheet Code Name bisa dilihat pada Project Explorer yang berada pada di Visual Basic Editor.

Cara ini juga memudahkan untuk melihat Sheets Name, Sheets Index dan Code Name, sehingga tidak perlu melihat ke Excelnya secara langsung, cukup melihat di Project Windows saja.

Sebagai Contoh misalnya jika ingin mengakses sheets Report maka ditulis Sheet2.Range("A1"). Sheet Code Name ini juga bisa diubah melalui Properties Windows.

Cara ini lebih aman karena pengguna akan kecil kemungkinan mengubah Code Name. Code Name hanya bisa diubah melalui Visual Basic Editor

Sehingga ketika pengguna mengubah Nama Sheet atau mengubah urutan sheet maka script akan tetap berjalan dan tidak akan terpengaruh.

Kelamahan dari Sheet Code Name adalah sangat sulit untuk di proses pengulangan atau ketika nama sheet dari variable.

List Tutorial
Apa yang sedang kamu cari?

Temukan beberapa kata kunci yang diinginkan.

Search