Mencetak Worksheets

Prasyarat:


Untuk mencetak isi dari worksheet, disini saya akan jelaskan 2 fitur penting yaitu PrintPreview dan juga PrintOut.

PrintPreview dan PrintOut adalah dua fitur penting dalam VBA (Visual Basic for Applications) yang digunakan untuk mencetak dokumen atau tampilan pada aplikasi seperti Microsoft Excel.

Fitur PrintPreview memungkinkan pengguna untuk melihat tampilan dokumen sebelum dicetak, sedangkan fitur PrintOut digunakan untuk mencetak dokumen tersebut secara langsung.

PrintPreview

Untuk menggunakan PrintPreview pada Excel, Anda dapat menggunakan kode berikut:

NamaSheet.PrintPreview

Misalnya, Anda ingin melihat tampilan lembar kerja “Sheet1” sebelum mencetak, gunakan kode berikut:

Sub PreviewSheet1()
    Sheets("Sheet1").PrintPreview
End Sub

PrintPreview Pada UserForm

Jika kamu menggunakan sebuah userform atau menjalankan sebuah userform, printpreview tidak bisa langsung dilakukan, karena ini bisa menghalangi focus dari userform, akibatnya, printpreview tidak bisa diklik.

Jika mengunakan userform untuk printpreview, pastikan userform dalam posisi hide, untuk scriptnya bisa dilihat pada contoh dibawah ini

Sub PreviewSheet1()
    Userform1.Hide
    Sheets("Sheet1").PrintPreview
    UserForm1.Show
End Sub

PrintOut

Sementara itu, jika Anda ingin mencetak dokumen secara langsung ke printer tanpa melalui proses preview terlebih dahulu, gunakan fitur PrintOut pada Excel dengan kode sebagai berikut:

NamaSheet.PrintOut

Contohnya, jika Anda ingin mencetak lembar kerja “Sheet1”, gunakan kode ini:

Sub PrintSheet1()
    Sheets("Sheet1").PrintOut
End Sub

Kamu juga dapat menyesuaikan opsi cetakan, seperti jumlah salinan, kisaran halaman, atau orientasi cetakan. Misalnya, jika Anda ingin mencetak lembar kerja “Sheet1” dengan orientasi potrait, kisaran halaman dari 1 hingga 3, dan 2 salinan, gunakan kode berikut:

Sub PrintSheet1WithOptions()
    With Sheet1.PageSetup
        .Orientation = xlPortrait
    End With
    Sheet1.PrintOut From:=1, To:=3, Copies:=2
End Sub

Dalam kode tersebut, kita menggunakan properti PageSetup untuk mengatur orientasi cetakan menjadi potrait. Kemudian, kita menggunakan argumen From dan To untuk menentukan kisaran halaman yang akan dicetak dan argumen Copies untuk menentukan jumlah salinan yang diinginkan.

Dengan menggunakan fitur PrintPreview dan PrintOut pada Excel, Anda dapat dengan mudah mencetak dokumen atau tampilan yang dibutuhkan. Dalam VBA, fitur-fitur ini sangat bermanfaat untuk mengotomatisasi proses pencetakan dokumen dan membuat tugas-tugas sehari-hari menjadi lebih mudah dan efisien.

List Tutorial
Apa yang sedang kamu cari?

Temukan beberapa kata kunci yang diinginkan.

Search