Apa itu VBA

Materi pertama dalam belajar VBA tentu saja membahas tentang Apa itu VBA?

Apa Itu VBA?

VBA atau kepanjangan dari Visual Basic for Applications adalah sebuah bahasa pemrograman berbasis Object turunan dari Visual Basic yang ditambahkan kedalam Microsoft office sebagai bahasa Macro.

VBA memiliki perbedaan dengan Visual Basic.

Perbedaanya, VBA hanya bisa berjalan diatas aplikasi lain atau pada Aplikasi host dan juga tidak bisa menghasilkan sebuah aplikasi stand alone (executable).

Seperti namanya For Applications , ini dimaksudkan untuk object aplikasi host yang ditambahkan kedalam VBA diluar fungsi standar bawaan Visual Basic.

Sebagai contoh:

Pada VBA yang ada di Microsoft Excel, maka object-object yang ditambahkan adalah object yang berkaitan dengan Microsoft Excel seperti fungsi Range, Fungsi Worksheet, Fungsi Cells dan lain-lain.

Dimana fungsi-fungsi ini tidak ada pada Visual Basic Standar.

Sehingga karena alasan tersebut VBA hanya bisa dijalankan diatas Microsoft Excel.

Begitu juga dengan Aplikasi Micorosft Office lainya seperti Microsoft Word atau Microsoft PowerPoint atau aplikasi yang dijadikan host oleh VBA.

Penjelasan lebih detail tentang Apa itu VBA, bisa di baca di wikipedia 🙂 :

Visual Basic for Applications

wikipedia.org

Apakah Macro sama dengan VBA?

Mungkin beberapa teman sering mendengar ada yang menyebut Macro ada juga yang menyebut VBA atau kadang keduanya Macro VBA.

Apakah Macro dan VBA ini sama atau berbeda? 🙄

OK, Macro sendiri adalah sebuah program terpola yang dapat diprogram untuk menerjemahkan urutan input tertentu menjadi urutan output yang telah ditetapkan.

Dengan menggunakan macro, kamu dapat mengurangi pengulangan tugas dengan merepresentasikan rangkaian penekanan tombol, gerakan mouse, perintah, atau jenis input lain yang lebih rumit.

Dengan kata lain Macro ini adalah sebuah deretan perintah-perintah yang dijalankan secara berurutan.

Untuk menuliskan perintah-perintah tersebut tentu diperlukan sebuah bahasa pemrograman.

Bahasa pemrograman yang ditulis untuk menyusun Macro pada microsoft Office menggunakan bahasa Visual Basic for Applications (VBA).

Jadi, Macro adalah hasil dari rangkaian perintah atau fungsi yang ditulis menggunakan bahasa pemrograman VBA.

jika diilustrasikan :

- Buka Kulkas
- Simpan Makanan
- Tutup Kulkas

Maka set Intruksi diatas itu disebut Macro dan Bahasa Indonesia adalah VBA nya.

Seperti misalnya didalam Microsoft Excel sendiri terdapat beberapa bahasa macro yang bisa digunakan diantara ada, Excel 4.0 Macro Language (XML) , Visual Basic for Applications (VBA) dan OfficeJS.

List Tutorial
Apa yang sedang kamu cari?

Temukan beberapa kata kunci yang diinginkan.

Search