Prasyarat:
Dalam materi kali ini, kita akan membahas bagaimana cara memilih worksheet dan atau membuka Worksheet menggunakan VBA.
Memilih dan membuka worksheet dalam VBA bisa diartikan berbeda tetapi bisa juga diartikan sama pada kondisi tertentu.
Membuka worksheet sudah pasti kita memilih worksheet, tetapi memilih worksheet belum tentu membukanya.
Memilih dan membuka Worksheet kita bisa menggunakan Methode .Select
dan .Activate
Untuk membuka lembar kerja tertentu dalam workbook, kita dapat menggunakan kode VBA .Activate
untuk contohnya bisa dlihat pada script dibawah ini:
Sub SelectSheet() Sheets("Nama_Lembar_Kerja").Activate End Sub
Sedangkan untuk memilih lembar kerja tertentu dalam workbook, kita dapat menggunakan kode VBA berikut ini:
Sub SelectSheet() Sheets("Nama_Lembar_Kerja").Select End Sub
Kode di atas akan memilih dan menampilkan lembar kerja dengan nama yang telah kita tentukan di dalam tanda kutip.
Sepintas ketika kedua script diatas dijalankan, maka akan menghasilkan hasil yang sama dengan Activate, yaitu sama-sama membuka sheet yang dituju.
Lalu dimana perbedaannya?
Perbedaanya adalah, select bisa memilih lebih dari satu sheets sekaligus dan hanya menampilkan 1 sheet yang dipilih paling awal.
Misalnya kita mau memilih “Sheet3” dan sheet “Database” maka notasi scriptnya:
Sub SelectSheet() Sheets(Array("Sheet3", "database")).Select End Sub
Maka, sheet3 dan Sheet Database akan terpilih dan Excel akan membuka Sheet3 karena sheet3 ini yang pertama kali dipilih.
Terlihat sheet3 dan Sheet Database terpilih pada tab Sheets.
Karena itu ketika melalukan Select hanya pada 1 worksheet saja, maka akan terlihat sama dengan Activate karena sama-sama memilih dan membuka Sheets.