Toolbox Controls

Pada materi kali ini, kita akan belajar bagaimana menggunakan control-control yang ada pada toolbox Contols pada VBA.

Setiap control memiliki fungsi yang berbeda-beda yang bisa kita gunakan untuk berinteraksi dengan Pengguna atau dikenal juga dengan istilah User Interface (UI).

Toolbox control akan muncul otomatis ketika memunculkan sebuah UserForm, karena semua control membutuhkan userform sebagai tempat control-control ini berada.

Tampilam Toolbox Controls

Jika dialog Toolbox ini tidak muncul, kamu masih bisa memunculkannya secara manual melalui menu ViewToolbox

vba.co.id

Controls Dalam VBA

Ada beberapa control bawaan (FM20.dll) yang bisa digunakan dalam membuat aplikasi dengan VBA. diantaranya

ButtonIconDescription
Select Objects
Standard toolbox controls
Select Objects adalah satu-satunya item di Toolbox yang tidak membuat kontrol. Saat item ini dipilih, fungsinya hanya untuk mengubah ukuran atau memindahkan kontrol yang sudah ada di UserForm.
LabelLabelBerfungsi untuk menambahkan text yang tidak dapat diubah oleh pengguna. Contohnya seperti menambahkan keterangan pada isiaan TextBox.
TextBoxText boxBerfungsi untuk menyimpan teks yang dapat dimasukkan atau diubah oleh pengguna.
ComboBoxCombo boxBerfungsi untuk menambahkan daftar pilihan kombinasi dan Input teks. Pengguna dapat memilih item dari daftar atau memasukkan nilai secara langsung.
ListBoxList boxDigunakan untuk menampilkan daftar item yang dapat dipilih pengguna. Daftar dapat digulir (Scroll) jika jumlah item lebih banyak dibandingkan dengan apa yang ditampilkan.
CheckBoxCheck boxMembuat kotak yang dapat dipilih dengan mudah oleh pengguna untuk menunjukkan apakah sesuatu itu YA atau TIDAK, atau untuk menampilkan banyak pilihan saat pengguna dapat memilih lebih dari satu pilihan.
OptionButtonOption buttonBerfungsi untuk menampilkan beberapa pilihan dimana pengguna hanya dapat memilih satu pilihan saja.
ToggleButtonToggle buttonTombol yang memiliki status ON dan OFF
FrameFrameBerfungsi untuk pengelompokan grafis atau fungsional untuk kontrol. Untuk mengelompokkan kontrol, Buat Frame terlebih dahulu, lalu tambahkan kontrol di dalam Frame.
CommandButtonCommand buttonTombol yang dapat dipilih pengguna untuk menjalankan perintah.
TabStripTab stripBerfungsi untuk menentukan beberapa halaman untuk tampilan Form atau kotak dialog yang sama didalam aplikasi.
MultiPageMulti pageBerfungsi untuk menampilkan beberapa halaman informasi sebagai satu kesatuan.
ScrollBarScroll barSebagai alat grafis untuk navigasi cepat melalui daftar item yang panjang atau sejumlah besar informasi, untuk menunjukkan posisi saat ini pada skala, atau sebagai perangkat input atau indikator kecepatan atau kuantitas.
SpinButtonSpin buttonKontrol yang bisa digunakan untuk menambah dan mengurangi angka. Atau bisa juga digunakan untuk memilih maju mundur dari daftar item atau daftar pilihan yang ada.
ImageImageUntuk menampilkan gambar dari file bitmap, icon, atau metafile di User Form. Gambar yang ditampilkan hanya dapat bersifat dekoratif dan menggunakan lebih sedikit sumber daya daripada PictureBox.

Itu adalah control bawaan yang ada pada Visual Basic for Applications. Penjelasan dan cara penggunannya akan saya jelaskan pada materi-materi selanjutnya.

Selain control-control diatas masih ada beberapa control yang bisa ditambahkan melalui addtional control atau melalui proses instalasi library.

List Tutorial
Apa yang sedang kamu cari?

Temukan beberapa kata kunci yang diinginkan.

Search