Directives : Option Directives

Option Directives adalah pernyataan khusus yang digunakan dalam VBA (Visual Basic for Applications) untuk mengontrol perilaku compiler dan environment.

Pernyataan ini berfungsi untuk memberikan informasi tambahan kepada compiler tentang bagaimana kode harus diinterpretasikan dan dieksekusi.

Dalam VBA ada 3 Option Directives yang bisa digunakan.

Option Explicit

Option Explicit adalah salah satu Option Directives yang paling sering digunakan dalam VBA.

Option Explicit digunakan untuk memaksa programmer untuk mendeklarasikan variabel sebelum penggunaan, sehingga menghindari kesalahan pengejaan dan penggunaan variabel yang tidak dideklarasikan.

Jika Option Explicit diaktifkan, maka setiap variabel yang digunakan dalam program harus dideklarasikan terlebih dahulu. Contohnya:

Option Explicit

Sub example()
    Dim x As Integer
    x = 10
    MsgBox x
End Sub

Pada contoh di atas, Option Explicit diaktifkan dan variabel x dideklarasikan sebelum penggunaan. Jika variabel x tidak dideklarasikan, maka akan muncul pesan Error saat program dijalankan.

Option Compare

Option Compare adalah Option Directives yang digunakan untuk menentukan cara perbandingan string dilakukan dalam program VBA.

Ada dua opsi yang tersedia, yaitu Binary dan Text.

Opsi Binary membandingkan karakter secara biner, artinya hurup kecil dan hurup besar akan dianggap berbeda.

Sedangkan opsi Text membandingkan karakter dengan membandingkan bacaan text nya tanpa memperhatikan perbedaan huruf besar dan kecil.

Contohnya:

Option Compare Text

Sub example()
    Dim str1 As String
    Dim str2 As String
    str1 = "Hello"
    str2 = "hello"
    If str1 = str2 Then
        MsgBox "Equal"
    Else
        MsgBox "Not Equal"
    End If
End Sub

Pada contoh di atas, karena Option Compare Text diaktifkan sehingga karakter dalam variabel str1 dan str2 dibandingkan dengan mengabaikan perbedaan huruf besar dan kecil.

Hasilnya, program akan menampilkan pesan “Equal” atau dianggap sama.

Sedangkan jika Option Compare dihilangkan maka Compare binary yang akan diaktifkan, dalam contoh kasus diatas Str1 dan Str2 akan dianggal berbeda “Not Equal”.

Option Base

Option Base adalah Option Directives yang digunakan untuk menentukan basis indeks array. Opsi yang tersedia adalah 0 dan 1. Jika Option Base diatur ke 0, maka indeks array dimulai dari 0, sedangkan jika Option Base diatur ke 1, maka indeks array dimulai dari 1.

Contohnya:

Option Base 1

Sub example()
    Dim arr(2) As Integer
    arr(1) = 10
    arr(2) = 20
    MsgBox arr(1) & " dan " & arr(2)
End Sub

Pada contoh di atas, Option Base diatur ke 1, sehingga indeks array dimulai dari 1. Hasilnya, program akan menampilkan pesan “10 dan 20”.

Sedangkan jika option Base dihilangkan itu artinya basis Array dimulai dari 0.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *