Apa Itu Excel 4.0 Macro

Sebelum Macro VBA lahir, Macro yang saat ini sudah kita pelajari dan kita kenal,,

Microsoft Excel telah terlebih dulu menggunakan Macro yang disebut dengan Excel 4.0 Macro atau Macro 4.0.

Disebut dengan 4.0 karena Macro ini lahir di Excel versi 4, sedangkan Macro VBA lahir di Excel Versi 5. Karena itu VBA kadang disebut juga dengan Macro 5.0

Excel 4.0 Macro merupakan fitur pemrograman makro yang pertama kali diperkenalkan dalam Microsoft Excel.

Excel 4.0 macro menggunakan bahasa pemrograman yang disebut sebagai “Excel 4.0 Macro Language” atau disingkat dengan “XLM”.

Formula Rasa Macro

Walaupun judulnya adalah Macro, tetapi bahasa pemrograman ini berbeda dari VBA (Visual Basic for Applications) yang lebih umum digunakan di versi Excel yang lebih baru.

XLM memiliki sintaks yang unik dan khusus, yang memungkinkan pengguna untuk membuat fungsi-fungsi dan perintah-perintah khusus yang dapat dieksekusi dalam lembar kerja Excel.

Penulisan perintahnya lebih mirip seperti membuat sebuah Formula dibandingkan sebuah coding seperti VBA.

Meskipun Excel 4.0 macro (XLM) telah digantikan oleh VBA sebagai metode utama untuk membuat makro dalam versi-versi Excel yang lebih baru, tetapi masih ada beberapa lembar kerja lama yang mungkin menggunakan makro XLM.

Untuk alasan kompatibilitas, Excel masih mendukung dan mampu menjalankan makro XLM dalam versi-versi terbarunya termasuk di Versi 365.

Pada materi ini, VBA.co.id akan membahas beberapa perintah-perintah yang ada di Macro 4.0 yang mungkin akan berguna untuk membantu pekerjaan didalam excel.

Tidak semua fungsi akan dibahas karena terlalu banyak hehe,…

hanya beberapa fungsi yang sekiranya bisa dimanfaatkan dan digunakan pada saat ini yang memang dibutuhkan. Karena beberapa fungsi sudah bisa digantikan dengan Formula Excel yang terbaru.

List Tutorial
Apa yang sedang kamu cari?

Temukan beberapa kata kunci yang diinginkan.

Search